Minggu, 30 Desember 2007

Sukses Indonesia Fair 2007 Di Johor Bahru

Dengan berbagai halangan akibat waktu persiapan terbatas dan masa "peak season" liburan natal dan tahun baru, delegasi Bandung dalam Indonesia Fair 2007 di Jusco Permas Jaya -suatu kawasan bandar baru di Johor Bahru Malaysia berakhir dengan lumayan sukses. Banyak stand booth UKM Bandung mendapat penjualan retail dalam jumlah yang cukup memadai, namun lebih banyak adalah renana kontrak jumlah besar di masa akan datang. Semua produk seperti telur asin, jaket, kopiah, peci, kain batik bordir, batu perhiasan, bandrek, bajigur, herbiprima ginger, sedini green tea, sabun madu, dan lainnya ludes terjual.

Pupuk tablet Gramalet mendapat perhatian dari Datuk Paduka Hasan Omar, pengusaha terkenal pemilik Kasawari Group - dengan membawahkan bisnis otomotif dan kelapa sawit, berminat membeli baja- istilah pupuk di Malaysia- bagi kepentingan 45.000 acre tanah perkebunan sawitnya di Johor. Demikian juga anggota Kadin Kota Bandung ada yang mendapat order 1000 karton bandrek dalam kemasan serta anggota BBI-MarkNet lainnya ada yang mendapat kontrak pengadaan kain dan kebaya bagi suatu butik di berbagai outlet di Johor dan kota lainnya di Malaysia.
Pertemuan Kadin Kota Bandung dengan Dewan Perniagaan Melayu (DPM) Johor - yang difasilitasi Konjen RI di Johor pun membuahkan berbagai kesepakatan antara lain kerjasama penyelenggaraan Bandung-Johor Fair tahun 2008 dengan sekaligus merangkaikan program ekonomi Konsulat RI di Johor. Disamping rencana Expo 2008, ditawarkan juga penyediaan outlet dan showroom Bandung di Kota Johor di sebelah kantor Kadin ( Dewan Perniagaan Melayu) Johor di lokasi Jalan Geroda - Larkin Bandaraya Johor.

Sebenarnya, Johor, dengan penduduk sebagian besar keturunan Jawa dan Bugis- bahkan Sultan Johor yang sekarang bertahta pun berasal dari Bugis Celebes, dan dengan jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berjumlah 460.000 orang, tentu potensial bagi pemasaran produk asal Indonesia. Kadin Kota Bandung pun menyepakati untuk mengkaji lebih jauh memikirkan berbagai kemungkinan yang ditawarkan Dewan Perniagaan Melayu antara lain pembuatan outlet produk Bandung di berbagai kawasan komunitas orang Indonesia berada- yang menyediakan sepatu, jeans, makanan khas orang Indonesia, jaket kulit, dan lainnya.


Dengan bebagai pencapaian tersebut, BBI-MarkNet di Batam- yang mengorganisir keberangkatan dan kepesertaan banyak UKM Bandung-Jakarta memenuhi undangan Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Johor merasa puas. Dengan pengalaman memobilisasi barang melalui Cargo dan angkutan Ferry Batam-Johor dengan segala lika-likunya, BBI akan makin matang dan pengalaman bagi penyelenggaraan pengorganisasian kepertaan UKM dan pengusaha lainnya dalam event di Semenanjung ( Singapura, Malaysia, Thailand, dll).

Salah satu kegiatan lapangan, Sonson Garsoni- sebagai organizer BBI MarkNet di Batam bersama Kadin Kota Bandung berkesempatan mendapat undangan makan siang nasi berani Malaysia ( biryani, red) dan minum sirop Bandung ( ternyata adalah soda gembira sih........) serta lawatan ke berbagai perusahaan dibawah naungan Kasawari Group- yang konon juga pernah membuat mobil handmade pertama Malaysia. Namun, Salah satunya yang mengesankan adalah diantar keliling Johor dengan Jaguar terus bergambar disebelah mobil handmade pertama Malaysia milik Datuk Paduka Hj Hasan Omar, salah satu kerabat sultan Johor................ he3x...dasar orang Indonesia: "............. gak punya juga minimal pernah naik Jaguar...." celetuk Ketua Kadin, Deden Hidayat.+++)

Mark Net- Market Places & Networking, Pengelola BBI

Selamat datang di web BBI-Mark Net !!

Mendekatkan produk kepada pelanggan atau konsumen adalah bagian dari strategi pemasaran ( marketing strategy) disamping promosi ( Promotions), penyiapan produk secara baik (Product) dan kebijakan harga yang kompetitif (Price Policy). Dalam kaitan itulah, Kadin Kota Bandung - yang telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak antaranya Kadin Kota Batam, Paguyuban Pasundan- yakni organisasi komunitas Sunda di Batam- dan bahkan dengan Pemerintah Kepulauan Riau ( Kepri), mencetuskan program Bandung- Batam Incorporated (selanjutnya disingkat BBI).


Salam,
Sonson Garsoni

BBI MarkNet- Market Places & Networking

BBI MarkNet- Market Places & Networking
Menyediakan Sarana ( Market Places ) dan Jaringan ( Networking) Pemasaran bagi produk para pengusaha dan perusahaan nasional Ke Semenanjung ( Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, VietNam & Myanmar) dengan Batam sebagai Gateway. Dengan pengalaman organizer BBI- yakni PT. Paska KONSULTAN ( Mark Net)- sebagai suatu business consultant berpengalaman ditambah dengan dukungan Jaringan (Network) ke Semenanjung - yang kini dimiliki, akan membuat BBI MarkNet bermanfaat bagi efisiensi dan efektivitas pemasaran produk anda - yang menetapkan Semenanjung sebagai target pemasaran.

Langkah " Go International" Kadin Kota Bandung

Langkah " Go International" Kadin Kota Bandung
Menyadari akan potensi Bandung yang dikenal sebagai kota produsen produk kreatif, Kadin Kota Bandung memfasilitasinya dengan menyediakan berbagai langkah antara lain penyediaan sarana BBI-MarkNet di Batam.

BBI Jembatan Pemasaran Ke Semenanjung

BBI Jembatan Pemasaran Ke Semenanjung
Mendekatkan produk ke pelanggan merupakan langkah termahal dalam pemasaran setelah promosi. Potensi besar dan kuatnya daya beli masyarakat Semenanjung ( Singapura, Malaysia, Thailand) ditambah Kamboja, Vietnam dan Myanmar sebagai negara potensial berkembang- telah menarik minat pengusaha Bandung menjangkaunya dengan menempatkan Batam sebagai pintu gerbang (Gateway)

BBI Sarana & Manajemen Jaringan Pemasaran Produk Anda Ke Semenanjung Dengan Batam Sebagai Gateway

BBI Sarana & Manajemen Jaringan Pemasaran Produk Anda Ke Semenanjung Dengan Batam Sebagai Gateway
Daya beli, kesamaan kultur budaya dan latar belakang sejarah negara-negara di Kawasan Semenanjung ( Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam dan Myanmar), telah membawa tekad dunia usaha Bandung- Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya membuka jalur dagang bagi meluasnya produk ke Semenanjung

*) Pemberitahuan Tatacara Keanggotaan


Yth Calon Anggota dan All Member BBI MarkNet,

Sehubungan kemungkinan subsidi bagi BBI MarkNet, sejauh ini, baru mendapat komitmen dari Pemerintah Kota Bandung ( cq. Kadin Kota Bandung) hanya memadai bagi 100 artikel produk, sementara biaya real pemanfaatan semua fasilitas BBI MarkNet adalah Rp 3.000.000,-/artikel produk/tahun, disampaikan bahwa :

Tatacara Menjadi Member BBI-MarkNet

1. Mengisi Formulir Data Perusahaan dan Isian Info Produk ( Pendaftaran dapat juga secara Online Submit web bbi),

2. Menyerahkan Minimal 2 Sample Produk Untuk Di Display Rak BBI Batam dan Bandung,

3. Menyerahkan kontribusi Biaya Keanggotaan Rp 1.000.000,-/ artikel produk/tahun ( khusus selama masa promosi yang diperkirakan sd Agustus 2007 atau sepanjang mendapat subsidi hingga 100 artikel produk); Selanjutnya, biaya keanggotaan aalah Rp 3.000.000,-/articles/tahun,

Dengan subsidi, berasal dari Pemerintah Kota Bandung (cq. Kadin Kota Bandung), ketentuan biaya membership BBI Rp 1.000.000,-/ artikel/ tahun hanya berlaku :

1. Khusus produk dari perusahaan berdomisili di Kota Bandung dan telah menjai anggota Kadin Kota Bandung,

2. Periode pendaftaran, selama masa promosi sd bulan Agustus 2007 atau sampai maksimal tercapai 100 artikel produk, khusus dari perusahaan yang berdomisili di Kota Bandung,

3. Diluar masa ad 1 dan ad 2 diatas, atau bagi produk dan perusahaan diluar Kota Bandung, akan dikenakan biaya normal Rp 3.000.000,-/ artikel produk/tahun


Biaya Real Rp 3.000.000,-/artikel produk/ tahun memiliki komponen pengeluaran atau alokasi biaya sebagai berikut :

1. Biaya pameran ( Stand booth, personal, akomodasi, transportasi, ekspedisi barang) di dan ke Negara Semenanjung /stand booth ~ 50 artikel/stand adalah Rp 25.000.000,- atau setara dengan Rp 125.000.000,-/ stand booth bagi 5 kali Expo/ 50 artikel produk

2. Biaya pameran ( Stand booth, personal, akomodasi, transportasi, ekspedisi barang) di wilayah Kepri / stand booth ~ 50 artikel/ stand adalah Rp 12.500.000,- atau setara dengan Rp 25.000.000,-/ stand booth 2 kali Expo/ 50 artikel produk

3. Biaya pengelolaan Display Rack, pelayanan pengunjung e mail-telpon an visiting langsung serta pembuatan penawaran2, PM ( Pro Memory)

4. Biaya Portal/ web, PM ( Pro Memory)

5. Biaya penyusunan naskah (Script writing) dan Desain Printing, PM ( Pro Memory)

Demikian disampaikan agar menjadi bahan secara transparant bagi para pengusaha dan perusahaan yang berminat memasarkan produknya ke Semenanjung ( Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Kamboja) maupun bagi pihak berwenang dalam menjalankan pengawasan program BBI MarkNet.

Regards,

Sonson Garsoni

Manfaat Sarana Pemasaran BBI-MarkNet

  • Sample Produk Anggota BBI, PxLxT = maks (50 x50x 50) cm akan tersimpan Di Rak Display BBI di Batam ( Green Land, Lt 1 dan 2 ) serta Graha Kadin Bandung (Lt 1,3 dan 4). Dengan itu member BBI dapat mengenalkan prouk pada prospek pelanggannya di wilayah pasar Bandung dan Batam secara murah.
  • Produk member BBI terdaftar disertakan dalam stand BBI pada Expo/ Pameran/ Promosi Dagang di Negara wilayah pasar Semenanjung ( dhi : Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja dan Myanmar)- sehingga member BBI tanpa biaya besar dapat mengenalkan produknya ke negara-negara target tersebut.
  • Produk anggota BBI, berupa foto dan keterangan serta Informasi, akan selalu termuat secara bergantian pada Info Board Elektronik - yakni suatu LCD Display di area Display Room Kadin di Bandung (Lt1) dan serta di BBI Showroom di Batam
  • Produk anggota BBI Member terdaftar di Upload pada Web bisnis BBI di Internet ( www.bbi-market.com). Data Kontak sebagai bagian keterangan produk adalah data langsung anggota BBI- sehingga kontak buyer langsung kepada pemilik produk. Web akan diiklankan secara teratur pada media cetak dan media promosi di wilayah pasar target (sasaran ). Dengan fasilitas ini, produk member BBI akan dapat dilihat oleh calon pelanggan setiap saat di internet
  • Member BBI bisa memanfaatkan berbagai sarana pemasaran yang lengkap BBI di Batam - yakni tempat transit produk, akomodasi personal dan presentation room dalam melaksanakan meeting dengan pelanggan dan prospek pembeli besar
  • Artikel produk member BBI- yang telah terdaftar di BBI memiliki prospek penjualan minimal 10 x biaya yang dikeluarkan menjadi anggota BBI. Profesional Marketer BBI akan selalu memasarkannya ke target pasar di Semenanjung
  • Articles Produk anggota BBI akan selalu memiliki keterangan dan Informasi Cetak Di Rak Display & Katalog ( Indonesia & Inggris). Dengan sarana ini peminat dapat mengenali produk anda secara visual dan mendapat alamat kontak dengan kontak langsung kepada produsen atau pemilik (anggota) secara jelas
  • Anggota BBI dapat mencantumkan alamat showroom BBI dalam kartu nama dan identitas perusahaan (Name Card bisnis) masing-masing

Target Kegiatan BBI 2007

  • Mendapatkan Kontak Penjualan Minimal Rp.10.000.000,-sd Rp 30.000.000,- per Artikel Produk member BBI ( atau setara dengan 3 kali biaya membership)
  • Mengelola dan Mendapatkan 100 membership dengan produknya Terdisplay di Rak BBI Batam & Bandung
  • Menjadi Fasilitas Transit bagi semua anggota/member BBI-MarkNet- yang berkegiatan niaga ke Semenanjung melalui Batam
  • Partisipasi Expo 4 kali ( Kepulauan Riau/Batam, Malaysia, Singapura, Thailand)

Tatacara Menjadi Member BBI-MarkNet

  • 1. Mengisi Formulir Data Perusahaan dan Isian Info Produk ( Pendaftaran dapat juga secara Online Submit web bbi)
  • 2. Menyerahkan Minimal 2 Sample Produk Untuk dipromosikan pada Display di Rak BBI Batam dan Bandung
  • 3. Menyerahkan kontribusi Biaya Keanggotaan Rp 3.000.000,-/ artikel produk/tahun. Namun khusus bagi perusahaan anggota Kadin di Kota Bandung - selama masa promosi dan sepanjang mendapat subsidi hingga 100 artikel produk- kelak akan mendapat prospek pengembalian sejumlah subsidi Pemerinah Kota- Rp 2.000.000,-. Perusahaan lain umumnya - diluar Kota Bandung dan perusahaan Bandung selanjutnya Rp 3.000.000,-/articles/tahun.*)